“TPHP FoodPreneur Challenge Season 2” (FoodPC) merupakan rangkaian acara kompetisi dan training kewirausahaan di bidang pangan bagi mahasiswa sebagai salah satu program kerja Keluarga Mahasiswa Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (KMTPHP) UGM. Kompetisi ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa se-Indonesia yang memiliki ide-ide kreatif dalam berbisnis maupun yang ingin mengembangkan usaha merekasehingga kelak dapat menjadi wirausahawan yang mampu berinovasi, berkreasi, berdedikasi dalam berwirausaha dalam bidang pangan. Tema acara ini adalah “Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa melalui Produk Berbasis Legum dan Buah-buahan Menuju Wirausaha Global”.
Adapun yang dimaksud dengan legum adalah kelompok bahan pangan yang terdiri dari kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang merah, kacang polong, dll. Sedangkan buah-buahan adalah kelompok bahan pangan yang merupakan produk dari tanaman yang apabila telah masak dapat dikonsumsi secara langsung (tidak perlu diproses terlebih dahulu).
Format kompetisi dibagi dalam beberapa tahapan yaitu seleksi proposal, presentasi 15 besar proposal (semifinal) beserta entrepreneurship training, market in action, dan final presentation. Pada tahap awal seleksi proposal, peserta akan mengirimkan proposal ide bisnis dengan konten yang telah kami sediakan. Seleksi proposal didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan oleh juri meliputi seberapa kreatif dan inovatif ide tersebut, seberapaimplementatif bisnis yang di ajukan, serta seberapa bermutu konten dari proposal yang dikirimkan. Setelah melewati proses seleksi proposal, akan dipilih 15 tim dengan proposal bisnis terbaik yang lolos ke tahap semifinal. Pada tahap entrepreneurship training pesertadari 15 tim yang lolos akan diberikan training oleh tim trainer berpengalaman mengenaisrategi dan komunikasi bisnis, serta talkshow dengan wirausahawan yang telah suksesdengan ide kreatifnya. Pada tahap semifinal, 15 tim akan mempresentasikan ide yang tertulis pada proposal dihadapan para juri kemudian 5 tim yang terpilih akan masuk padatahap market in action dimana 5 tim terbaik akan melakukan pemasaran langsung di lapangan untuk menarik konsumen terhadap produk hasil rancangan tim. Pada tahap ini, masing-masing akan diberi uang pembekalan dan wajib mengirimkan laporanpertanggungjawaban mengenai bisnis yang dijalankan setiap 2 minggu sekali. Penilaiandari awal seleksi sampai final akan diakumulasikan untuk menentukan pemenang darikompetisi tersebut pada tahap final presentation.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar