TENTANG KAMI






"TPHP FoodPreneur Challenge Season 2" merupakan rangkaian acara kompetisi dan training kewirausahaan di bidang pangan bagi mahasiswa sebagai salah satu program kerja Keluarga Mahasiswa Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (KMTPHP) Universitas Gadjah Mada. Kompetisi ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia yang memiliki ide-ide kreatif dalam berbisnis maupun yang ingin mengembangkan usaha mereka sehingga kelak dapat menjadi wirausahawan yang mampu berinovasi, berkreasi, dan berdedikasi dalam berwirausaha dalam bidang pangan. Tema untuk acara tahun ini adalah

"Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa Melalui Produk Berbasis Legum dan Buah-Buahan Menuju Wirausaha Global"

Adapun yang dimaksud dengan legum adalah kelompok bahan pangan yang terdiri dari kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang merah, kacang polong, dll. Sedangkan buah-buahan adalah kelompok bahan pangan yang merupakan produk dari tanaman yang apabila telah masak dapat dikonsumsi secara langsung (tidak perlu diproses terlebih dahulu).


Format kompetisi dibagi dalam beberapa tahapan yaitu seleksi proposal, presentasi 15 besar proposal (semifinal) beserta Entrepreneurship Training, Market-in-Action, dan Final Presentation. Pada tahap awal seleksi proposal, peserta akan mengirimkan proposal ide bisnis dengan konten yang telah kami sediakan. Seleksi proposal didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan oleh juri meliputi kreatifitas dan inovatif ide tersebut, implementatif bisnis yang di ajukan, serta mutu konten dari proposal yang dikirimkan.


Setelah melewati proses seleksi proposal, akan dipilih 15 tim dengan proposal bisnis terbaik yang lolos ke tahap semifinal. Pada tahap Entrepreneurship Training, peserta dari 15 tim yang lolos akan diberikan pelatihan oleh tim trainer berpengalaman mengenai strategi dan komunikasi bisnis, serta talk show dengan wirausahawan yang telah sukses. Pada tahap semifinal, 15 tim akan mempresentasikan idenya di hadapan para juri.

Lima tim yang terpilih akan masuk pada tahap Market-in-Action dimana 5 tim terbaik akan melakukan pemasaran langsung di lapabngan untuk menarik konsumen terahadap produk hasil rancangan tim. Pada tahap ini, masing-masing tim akan diberi uang pembekalan dan wajib mengirimkan laporan pertanggungjawaban setiap 2 minggu sekali, mengenai bisnis yang dijalankan. Penilaian dari awal seleksi hingga final akan diakumulasi untuk menentukan pemenang dari kompetisi tersebut pada tahap Final Presentation






Tidak ada komentar:

Posting Komentar